Kami memiliki unit Mitrasana yang dibentuk khusus untuk mendukung layanan kesehatan BPJS selain melalui Puskesmas dan rumah sakit,"
Bekasi (ANTARA News) - PT Kalbe Farma Tbk mendukung program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) melalui layanan kesehatan kepada masyarakat peserta termasuk kebutuhan obat-obatan.

"Kami memiliki unit Mitrasana yang dibentuk khusus untuk mendukung layanan kesehatan BPJS selain melalui Puskesmas dan rumah sakit," kata Manager CSR PT Kalbe Farma Tbk, Nety M. Cahyaningrum di Pekayon Bekasi, Sabtu.

Nety mengatakan, Mitrasana tidak hanya melayani resep obat, tetapi juga menyediakan dokter sehingga peserta BPJS Kesehatan dapat memeriksakan dirinya apabila sakit melalui layanan yang kami sediakan.

Nety mengatakan, Kalbe melihat kemitraan dengan BPJS sangat menguntungkan sehingga dibentuklah unit Mitrasana saat ini baru ada dua yakni di Kelapa Gading Jakarta dan Pekayon Bekasi namun akan ditambah lagi di tahun 2015.

"Sebenarnya kami memiliki 82 jaringan Mitrasana di Jabodetabek, namun yang bermitra dengan BPJS baru ada 2, targetnya tahun 2015 terdapat 17 Mitrasana yang akan bermitra dengan BPJS," kata Nety.

Nety mengatakan, sejak layanan BPJS dibuka di Mitrasana Kelapa Gading dan Pekayon setiap harinya menerima kunjungan rata-fata 800 pasien peserta BPJS sebagian besar berasal dari golongan 3.

Nety mengatakan, layanan kesehatan Mitrasana tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu. Mitrasana juga mendapat dukungan dari PT Hexam Jaya (HJ) unit Kalbe yang memproduksi obatan-obatan generik.

Nety mengatakan, apabila ada pasien yang didagnosa penyakit serius dan sulit ditangani maka dokter di Mitrasana akan memberikan rujukan ke rumah sakit yang menjalin mitra dengan BPJS Kesehata .

Lebih jauh Direktur Marketing PT Kalbe Farma Tbk, Joni Fauzi mengatakan, sejak awal peluncuran program jaminan kesehatan nasional tahun 2013, Kalbe ikut berperan aktif dalam mengimplementasikan BPJS.

"Kalbe memiliki obat-obatan generik berkualitas, serta pabrik kami di Cikarang Jawa Barat telah diperluas pada tahun 2012. Ini

merupakan komitmen kami untuj menyediakan obat berkualitas dengan harga terjangkau," ujar dia.

Pada Sabtu (20/12) Kalbe juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis di Pekayon Bekasi yang diikuti 1.000 warga sekitar, melibatkan 15 team dokter dan 26 apoteker, serta didukung 99 jenis obat.

Kegiatan ini didukung Dinas Kesehatan Kota Bekasi, BPJS, dan pemerinta kota Bekasi. 

Pewarta: Ganet D
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014