Berlin (ANTARA News) - Krisis Borussia Dortmund di Liga Jerman semakin dalam pada Sabtu, setelah mereka menelan kekalahan kesepuluhnya pada musim ini saat takluk 1-2 di markas sesama tim papan bawah Werder Bremen, untuk turun ke peringkat kedua dari bawah.

Setelah mengawali Desember dengan menghuni dasar klasemen, Dortmund dapat mengakhiri 2014 dengan kembali ke posisi juru kunci jika Freiburg mencetak gol dan mendulang angka saat melawan Hanover 96 pada Minggu.

Dortmund terus mencatatkan diri sebagai tim yang menelan kekalahan terbanyak di kompetisi strata teratas Jerman pada separuh musim, dengan hanya mendulang 15 angka dari 17 pertandingan, ketika Bremen hanya meraih kemenangan keempatnya sepanjang musim untuk meninggalkan posisi terbawah.

Pelatih Borussia Jurgen Klopp menegaskan bahwa mereka bukanlah kandidat tim yang akan terdegradasi, meski posisi mereka saat ini berada di papan bawah.

"Saya tidak akan mencoret peluang kami," tegas Klopp di mana Liga Jerman akan diteruskan pada akhir Februari menyusul libur musim dingin.

"Kami memiliki waktu tiga pekan untuk mempersiapkan diri bagi paruh kedua musim."

"Kami harus, dan kami akan, memperbaiki diri, kami telah memperlihatkan banyak kelemahan pada paruh pertama musim, namun kami tidak selemah itu. Kami perlu mengisi ulang batere-batere kami dan bangkit pada tahun baru."

Borussia, yang akan menghadapi Juventus pada pada putaran 16 besar Liga Champions, kemasukan gol saat pertandingan baru berlangsung tiga menit ketika penyerang Bremen yang berusia 19 tahun David Selke melepaskan sepakan melengkung yang menjadi gol dari jarak 15 meter.

Selkie kemudian menjadi pengumpan dengan melewati kapten Dortmund Mats Hummels, untuk melepaskan umpan silang bagus yang dikonversi gelandang Bremen Fin Bartels menjadi gol pada menit ke-62.

Hummels mencetak satu gol balasan ketika saat berada dalam kondisi tidak terkawal dirinya dapat menanduk bola hasil sepakan sudut dari sesama pemain internasional Jerman Ilkay Gundogan pada menit ke-69, namun itu tidak lebih hanya merupakan gol hiburan.

Huntelaar memperpanjang kontraknya di Schalke

Tim peringkat kedua Wolfsburg bangkit untuk meraih kemenangan 2-1 atas tim papan tengah Cologne, yang membuat mereka memangkas keunggulan Bayern Munich di puncak klasemen kembali menjadi 11 angka.

Bek Dominic Maroh membawa Cologne unggul terlebih dahulu saat pertandingan baru bergulir 11 menit, sebelum penyerang asal Belanda Bas Dost menyamakan kedudukan lima menit kemudian.

Bek asal Brazil Naldo, yang mencetak gol penyama kedudukan bagi Wolfsburg saat mereka bermain imbang 2-2 di kandnag Dortmund pada Rabu, kemudian menanduk gol penentu kemenangan dari tendnagan sudut 12 menit sebelum pertandingan usai.

Bayer Leverkusen tetap berada di peringkat ketiga setelah bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 1-1 dengan tamunya Eintracht Frankfurt.

Kapten Eintracht Alexander Meier mengonversi penalti untuk membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak di liga dengan koleksi 13 gol dari 16 pertandingan, sebelum pemain sayap Leverkusen asal Jerman Karim Bellarabi menyamakan kedudukan tujuh menit sebelum pertandingan usai.

Schalke 04 yang dilatih Roberto di Matteo, yang akan berhadapan dengan Real Madrid pada putaran 16 besar Liga Champions, tetap berada di peringkat kelima setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Hamburg.

Terdapat berita baik untuk para penggemar "The Royal Blues" sebelum pertandingan dimulai, di mana penyerang asal Belanda Klaas-Jan Huntelaar memperpanjang kontraknya sampai 2017 setelah mencetak 66 gol dari 116 pertandingan Liga Jerman.

Stuttgart masih berada di atas zona degradasi setelah mereka bermain imbang tanpa gol dengan Paderborn.

Augsburg bangkit untuk menang 2-1 atas Borussia Moenchengladbach, yang unggul saat pertandingan baru berlangsung dua menit ketika Max Kruse mengonversi penalti, sebelum gelandang Markus Feulner dan penyerang Raul Bobadilla mencetak gol pada masing-masing babak.

Hasil ini membawa Augsburg menghuni peringkat keenam, sedangkan Gladbach turun ke peringkat keempat.

Pada Jumat, Bayern Munich yang dilatih oleh Pep Guardiola memecahkan lebih banyak rekor liga ketika Bastian Schweinsteiger dan Arjen Robben mencetak gol saat mereka menang 2-1 atas tuan rumah Mainz setelah gelandang Kolombia Elkin Soto membawa tuan rumah unggul pada babak pertama.

Hasil di Mainz membuat Bayern mengukir rekor baru untuk tim yang paling sedikit kemasukan pada paruh pertama musim, di mana pertahanan mereka hanya kemasukan empat gol.

Saat musim telah berlangsung separuh jalan, keunggulan 11 angka milik Bayern merupakan rekor baru yang melampaui rekor mereka sendiri yakni sepuluh angka.

Bayern juga menyamai rekor mereka sendiri untuk selisih gol terbanyak pada separuh musim yakni plus 37, jumlah yang sama seperti yang mereka ukir pada musim 2012/2013, musim di mana mereka terakhir kali menjuarai Liga Champions.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014