Malang (ANTARA News) - Juara bertahan Piala Gubernur Jatim Arema Cronus Indonesia Malang memastikan diri absen di ajang tersebut yang bakal dihelat Februari 2015 karena berbenturan dengan jadwal pemusatan latihan (TC).

"Pada saat Piala Gubernur digelar, Arema juga sedang menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan musim kompetisi resmi Liga Super Indonesia (LSI), sehingga terpaksa absen di kompetisi pramusim ini," kata Media Ofiser Arema Sudarmaji, Minggu.

hSebelum mengarungi kompetisi resmi LSI, tim berjuluk Singo Edan itu memiliki agenda cukup padat pada awal 2015, terutama selama Januari-Februari.

Arema sudah menyusun jadwal, selain TC, juga sudah menjadwalkan tampil di beberapa turnamen pramusim, seperti tampil di turnamen SCTV Cup, Trofeo Persija serta laga final Inter Island Cup (IIC) menghadapi Persib Bandung.

Kepastian absennya Singo Edan pada Piala Gubernur Jatim 2015 itu juga disampaikan Sekretaris Asossiasi Sepak Bola Provinsi (Asprov) Jatim Amir Burhanudin.

"Arema terpaksa tidak ambil bagian dan memutuskan absen karena padatnya agenda dan manajemen sudah menyampaikan secara tertulis," katanya.

Absennya Arema yang merupakan juara bertahan Piala Gubernur Jatim 2014 itu membuat jumlah tim LSI Jatim yang ikut berkurang. Tim LSI yang memastikan tampil adalah Persebaya Surabaya, Persegres Gresik United (GU), Persela Lamongan dan Persik Kediri.

Lebih lanjut Amir menjelaskan Piala Gubernur Jatim 2015 dijadwalkan bergulir pada Februari tahun depan dan rencananya diikuti enam tim. Selain empat tim LSI, dua peserta lainnya diambil dari tim Divisi Utama melalui "play off".

Pada tahun Sebelumnya turnamen pramusim ini dijadwalkan mulai pekan pertama Januari, namun untuk tahun ini mundur menjadi 3 Februari 2015 karena pelaksanaaan babak kualifikasi untuk tim Divisi Utama mengalami perubahan. Kualifikasi yang semula dilaksanakan pada awal Desember, mundur usai PON Remaja yang baru saja berakhir.

Selain itu, tim-tim peserta yang belum memasuki uji coba serta adanya turnamen pramusim yang sudah ditentukan jadwalnya, Seperti Trofeo Persija di Jakarta, SCTV Cup, dan turnamen lainnya. Karena adanya turnamen yang sudah ditetapkan, Arema pun memutuskan tidak ikut.

"Tujuan dari turnamen ini (Piala Gubernur) untuk memfasilitasi tim-tim LSI di Jawa Timur untuk bisa melakukan uji coba, tapi tidak semua tim bisa ikut karena sudah memiliki agenda sendiri yang tersusun sebelumnya," ujarnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014