Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR daerah pemilihan Jawa Barat VII (Kabupaten Karawang, Bekasi, dan Purwakarta), Saan Mustopa menggelar pelatihan dasar kepemimpinan dan politik kepada perwakilan siswa tingkat SLTA, guna memberikan pemahaman mengenai politik.

"Ke depan tiap reses saya bikin pelatihan, mereka dilatih dari aspek kepemimpinan dan pendidikan dasar untuk pemahaman politik yang substantif," kata Saan, disela memberikan sambutan acara pelatihan, di kediamannya, Karawang, Jawa Barat, Minggu.

Dalam keterangan tertulisnya, Saan mengatakan, opini tentang politik yang belakangan dipersepsikan negatif justru menjadi tantangan tersendiri, bahkan dirinya tidak mau persepsi negatif itu menjadi semacam pembenaran yang akan membuat masyarakat, terlebih para pemuda menjadi apatis dan apriori terhadap politik.

Pelatihan tersebut pun akan terus dilakukan bertahap dimana untuk setiap tahapnya terdiri dari 120 perwakilan siswa SMK, SMU, dan Madrasah Aliyah (MA) se-Karawang.

Menurut Saan, pendidikan dasar politik dan kepemimpinan ini penting bagi para siswa selaku pemula untuk memahami tentang politik dan kepemimpinan mengingat selama ini mereka disuguhi opini yang negatif tentang politik.

Mereka yang baru tumbuh itu adalah bibit generasi muda yang akan mengisi dunia politik dan pos kepemimpinan di berbagai bidang.

"Kita ingin memberikan persepsi tentang politik, perlu kita netralisir, bahwa politik itu substansinya tidak seperti yang selama ini diberitakan. Agar sebagai generasi muda tidak apatis dan apriori terhadap persoalan politik," tuturnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014