...salah satu pelestarian alam yang dapat kita lakukan yaitu menanam pohon di aliran sungai...
Binjai, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara menanam 2.000 batang pohon sengon di Daerah Aliran Sungai Bingei, guna pelestarian lingkungan demi kehidupan mendatang.

"Kita sudah menanam 2.000 batang pohon sengon," kata Wali Kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Senin.

"Menjaga pelestarian alam dan lingkungan sudah menjadi tanggung jawab kita semua, salah satu pelestarian alam yang dapat kita lakukan yaitu menanam pohon di aliran sungai, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi," katanya.

Menurut dia, pohon sengon yang ditanam selain bermanfaat untuk menjaga kelestarian di DAS juga memiliki banyak manfaat untuk masyarakat, kayu yang dihasilkan dari pohon sengon memiliki kualitas yang sangat baik.

"Andai semua DAS sungai kita ditanami pohon sengon, otomatis lima tahun mendatang Binjai bisa menjadi penghasil kayu dan tentunya akan membawa dampak positif untuk masyarakat dan menambah pendapatan masyarakat," sambungnya.

Idaham juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar merawat dan menjaga sungai, tidak membuang sampah di sungai, dan menanamkan cinta lingkungan dalam diri sendiri.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014