Jakarta (ANTARA News) - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru pada penghujung tahun ini, tiket kereta api dari Jakarta menuju beberapa kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur relatif habis.

"Tiket habis itu relatif karena masih terjadi cancelling, jadi tiket masih bisa didapatkan," kata Agus Komarudin, humas KAI DAOP I Jakarta, saat dihubungi ANTARA News, Senin (22/12).

Agus jelaskan tiket keberangkatan untuk tanggal-tanggal tertentu seperti Natal dan tahun baru, sudah dapat dipesan 90 hari sebelum keberangkatan. Ia juga mengatakan tiket telah terjual habis, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan tiket.

"Dari pantauan kami di Stasiun Gambir dan Pasar Senen tercatat 500 seat kosong, mungkin karena penumpang sendiri yang sudah memesan tiket jauh-jauh hari merubah jadwal atau cancelling karena ada acara lain," ujarnya.

Hal tersebut menurut Agus berpengaruh terhadap ketersediaan tiket yang saat ini dijual secara online. Pembatalan tiket tersebut juga menyebar ke beberapa Kereta Api.

Meskipun tiket sudah bisa didapatkan di mana saja, namun berdasarkan pengamatan Agus, masih banyak calon penumpang yang memebeli tiket langsung di stasiun, seperti di stasiun Gambir dan dan Pasar Senen.

Untuk destinasi tujuan, Agus mengatakan wilayah Jawa tengah seperti Jogjakarta, Solo, Purwokerto, Semarang, Klaten dan Tegal menjadi kota tujuan yang tiketnya paling banyak dicari penumpang.

"Banyak penumpang tujuan Jawa Tengah yang naik kereta api tujuan Surabaya, setelah mereka turun diisi lagi dengan penumpang tujuan Surabaya, jadi bisa dikatakan tingkat keterisiannya cukup tinggi," kata Agus.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014