Jakarta (ANTARA News) - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk akan mengakuisisi dua perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah sebagai upaya perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan produksi, operasional serta finansial perseroan.

"Rencana akuisisi dua perkebunan kelapa sawit tersebut menjadi bukti bahwa emiten perkebuna ini sangat komit meningkatkan kapasitas lahannya sambil tetap menjaga produktivitas," kata Direktur Utama PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Rimbun Situmorang kepada pers saat paparan publik perseroan 2014 di Jakarta, Senin.

Dua perkebunan sawit yang diakuisisi adalah PT Tanjung Sawit Abadi (TSA) dan PT Sawit Multi Utama (SMU) dari PT Citra Borneo Indah.

Dikatakan akuisisi dilakukan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi tingginya permintaan produk minyak kelapa sawit mentah (CPO) di masa mendatang, sekalipun harus menghadapi tantangan yang tak ringan.

"Rencananya akhir tahun ini akan diselenggarakan rapat umum pemegang saham untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham atas aksi korporasi tersebut. Sebab akuisisi ini merupakan transaksi material dan terafiliasi," kata Rimbun.

Menurutnya, hingga September 2014 kinerja perusahaan membaik dan diperkirakan laba bersih selama 2014 mencapai Rp735 miliar, naik 16,2 persen dibanding perolehan laba 2013.

Namun perusahaan menghadapi tantangan harga CPO yang fluktuatif dan cenderung melemah selama 2014. Harga CPO pada kuartal kedua tahun 2014 alami penyesuaian karena koreksi musim panas El Nino.

"Bahkan harga CPO kuartal ketiga tahun 2014 masih tertekan karena pasokan minyak nabati dunia meningkat setelah panen yang baik di Amerika," katanya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014