Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada Senin (Selasa pagi WIB), karena harga minyak melemah dan penjualan rumah AS turun ke terendah enam bulan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari turun 16,2 dolar AS, atau 1,35 persen, menjadi menetap di 1.179,80 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Pada Senin, minyak mentah light sweet atau WTI turun 2,59 persen menjadi 55,65 dolar AS per barel, menempatkan tekanan yang luas pada emas karena Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Naimi mengatakan ia tidak akan memangkas produksi minyak, terlepas dari seberapa rendahnya harga minyak turun.

Selain itu, sebuah laporan yang dirilis Senin oleh National Association of Realtors yang berbasis di AS menunjukkan penjualan "existing home" (rumah yang sebelumnya telah dimiliki atau rumah yang sudah dibangun sebelumnya selama satu bulan atau dikenal juga dengan "home resales") turun lebih buruk dari yang diperkirakan 6,1 persen ke tingkat tahunan 4,93 juta unit pada November. Ini juga memberikan tekanan pada emas.

Perak untuk pengiriman Maret kehilangan 34,2 sen, atau 2,13 persen, menjadi ditutup pada 15,688 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari kehilangan 14,9 dolar AS, atau 1,24 persen, menjadi ditutup pada 1.182,1 dolar AS per ounce.  (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014