...karena banyak yang akan menikmati liburan akhir tahun di pantai...
Palembang (ANTARA News) - Jumlah penumpang kapal cepat di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, untuk keberangkatan tujuan Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam dua hari terakhir mengalami peningkatan.

Petugas Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru, Apran, di Palembang, Selasa, mengatakan pada musim liburan sekolah, serta menjelang Natal dan tahun baru, kondisi penumpang untuk keberangkatan kapal cepat Palembang--Bangka dan sebaliknya mengalami peningkatan sekitar 10 persen dari kondisi normal.

Dari dua kapal cepat Express Bahari dan Sumber Bangka yang beroperasi melayani rute pelayaran Pelabuhan Boom Baru Palembang--Muntok Bangka pada kondisi sekarang terisi sekitar 80 persen dari tempat duduk yang tersedia.

Peningkatan jumlah penumpang di Terminal Penumpang Boom Baru Palembang, pada penghujung Desember 2014 ini diprediksi akan terus meningkat.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya diperkirakan jumlah penumpang kapal cepat akan terus meningkat terutama tujuan ke Pulau Bangka, karena banyak yang akan menikmati liburan akhir tahun di pantai," ujar petugas dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) itu.

Sementara menurut Robin, petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, jumlah penumpang sejak dua hari terakhir bergerak naik dengan tingkat muatan mencapai 80 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Untuk menghadapi peningkatan jumlah penumpang sekarang ini, tidak ada persiapan khusus karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya masih mampu diatasi dengan satu kapal reguler yang biasa dioperasikan di rute pelayaran Palembang--Bangka.

Sementara mengenai tarif pelayanan jasa angkutan kapal cepat tujuan Palembang--Bangka mengalami kenaikan berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000, namun kenaikan ini bukan karena kondisi penumpang ramai.

Tarif jasa angkutan kapal cepat mulai dinaikkan terhitung 21 November 2014 untuk mengimbangi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang telah mempengaruhi biaya operasional.

Tarif kapal cepat Express Bahari untuk kelas VIP dewasa yang sebelumnya Rp285.000 kini naik menjadi Rp300.000 dan anak-anak dari Rp245.000 naik menjadi Rp260.000 per orang satu kali jalan.

Sedangkan tiket kelas eksekutif dewasa dari Rp240.000 naik menjadi Rp265.000 dan anak-anak dari Rp200.000 menjadi Rp215.000, serta kelas bisnis/ekonomi dewasa dari Rp205.000 naik menjadi Rp225.000 dan anak-anak dari Rp165.000 menjadi Rp185 per orang, kata Robin.

(Y009)



Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014