Jakarta (ANTARA News) - Para kader Partai Demokrat memohon Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali memimpin Partai Demokrat periode masa bakti 2015 - 2020 demi konsolidasi partai yang diamanatkan oleh Kongres Luar Biasa pada Maret 2013 di Bali.

"Kami mengakui dan mengapresiasi kerja keras dan pengaruh kepemimpinan SBY dalam mengangkat perolehan suara Partai Demokrat menjadi 10,2 persen pada Pemilu 2014 di tengah prediksi umum bahwa PD hanya mungkin mencapai 7 persen," kata kader Demokrat, Khatibul Umam Wiranu, di Jakarta, Selasa.

Umam mengatakan, kader menyaksikan di tengah krisis dan delegitimasi ketika partai membutuhkan loyalitas dan perjuangan kadernya, justru sejumlah kader memilih meninggalkan partai dalam kesulitan dan perpecahan, bahkan membebani partai ini.

"Kami menjadi saksi bahwa pada saat partai mengalami demoralisasi, SBY berhasil memimpin partai keluar dari masa yang sangat sulit tersebut dan membangun kembali kepercayaan diri kader serta merintis konsolidasi," ujar anggota DPR RI itu.

Kader Demokrat meyakini kepercayaan rakyat akan dapat dipulihkan pada Pemilu 2019 apabila terus memihak kepentingan rakyat. "SBY mewujudkan Partai Demokrat menjadi partai modern yang berbasis pada meritokrasi," kata Umam.

Menurut dia, para kader menyatakan setia berjuang di garis SBY dalam mewujudkan tujuan-tujuan politik melalui kongres sah yang ditetapkan DPP Partai Demokrat sesuai amanat kongres luar biasa pada Maret 2013 di Bali.




Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014