Semarang (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I memprediksi jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Ahmad Yani meningkat dibandingkan dengan hari normal seiring dengan libur panjang akhir tahun.

"Melihat tren di tahun-tahun sebelumnya, kenaikan bisa mencapai 10 persen, baik itu untuk penerbangan dalam maupun luar negeri," kata General Manajer Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko di Semarang, Selasa.

Dia menjelaskan kenaikan tersebut biasa terjadi pada akhir tahun karena pada masa itu merupakan puncak liburan, baik bagi para pekerja maupun siswa sekolah.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pengelola Bandara Ahmad Yani Semarang sudah mempersiapakan "slot time" bagi beberapa maskapai penerbangan untuk rute-rute yang banyak diminati masyarakat, di antaranya Semarang-Jakarta, Semarang- Surabaya, Semarang-Bali, dan Semarang-Kalimantan.

"Kami juga menyiapkan slot time untuk rute luar negeri karena biasanya pada libur panjang seperti ini permintaan perjalanan ke luar negeri tidak kalah tinggi dengan permintaan penerbangan di dalam negeri," katanya.

Untuk menghadapi kepadatan penumpang pesawat yang naik maupun turun melalui Bandara Ahmad Yani Semarang, pihaknya menggelar operasional posko siaga.

Operasional posko tersebut dilaksanakan mulai 22 Desember dan akan berakhir pada 5 Januari mendatang. Pertimbangan dari PT Angkasa Pura I karena pada saat itu menjadi puncak kepadatan arus penumpang.

Mengenai kondisi hujan yang hampir setiap hari mengguyur Semarang, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana, salah satunya pompa air.

"Pompa air ini sangat penting karena kami tidak ingin ada genangan air di kawasan Bandara Ahmad Yani, kami berupaya untuk menjamin kenyamanan pengunjung," katanya.

(KR-AWA)

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014