Jakarta (ANTARA News) - Setelah tahun ini mengeluarkan iPhone 6 dengan layar 4,7 inci dan iPhone 6 Plus yang berlayar 5,5 inci, Apple dikabarkan kembali membuat iPhone berlayar 4 inci yang akan diluncurkan pada tahun 2015 mendatang.

Menurut Analis Timothy Arcuri, seperti yang dilansir Phone Arena, Apple sedang membuat "iPhone 6s mini," dengan spesifikasi mirip iPhone 5s, namun didesain menyerupai iPhone 6/ iPhone 6 Plus.

Handset tersebut akan menggantikan iPhone 5c sebagai perangkat Apple yang menawarkan harga rendah.

Untuk chip, Apple dikabarkan memesan komponen smartphone tersebut dari pembuat chip Qualcomm untuk meminimalkan harga.

Meskipun Apple memperbesar ukuran layar iPhone 6 karena keinginan pengguna, namun perusahaan tersebut menurut Arcuri tidak akan menghapus opsi 4 inci dari lineup.

Tidak hanya itu, ukuran tersebut dinilai cocok untuk perangkat lebih murah yang tidak membutuhkan resolusi tinggi untuk fasilitas layar lebih lebar dan juga akan dapat memuaskan pengguna iPhone yang sudah terbiasa dengan bentuk lebih kecil.

Selain itu, Arcuri menyarankan Apple untuk membuat iPad berlayar 12,9 inci pada musim semi 2015.

Ia yakin tablet yang lebih besar akan membawa nuansa baru pada kategori produk tersebut. Ia memperkirakan akan terjadi 15 hingga 20 juta pengiriman pada awal peluncuran perangkat tersebut, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014