Muntok (ANTARA News) - Harga cabai merah keriting di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, naik drastis dalam beberapa hari terakhir dengan menembus Rp120.000 per kilogram.

"Cabai lokal maupun yang didatangkan dari luar daerah kami jual dengan harga sama Rp120.000 karena memang pasokannya berkurang, sementara kebutuhan masyarakat sedikit meningkat," ujar salah seorang pedagang, Jimmi, di Muntok, Rabu.

Menurut dia, harga tersebut merupakan harga tertinggi dalam satu bulan terakhir, padahal sebelumnya harga komoditas ini masih berkisar antara Rp80.000 hingga Rp100.000 per kilogram.

Selain cabai merah keriting, harga cabai merah besar juga melambung sampai Rp120.000 per kilogram, sedangkan harga cabai hijau besar dan cabai hijau kecil dijual dengan harga rata-rata Rp60.000 per kilogram.

"Untuk harga bawang merah dan bawang putih masih stabil di Rp25.000 per kilogram," katanya.

Menurut dia, tersendatnya pasokan dari petani dalam dan luar daerah menjadi faktor utama melambungnya harga cabai di daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, pedagang sayuran Muryati untuk sayuran harganya stabil karena mulai banyak panen di tingkat lokal, seperti daun bayam dan kangkung, kacang panjang dan terong.

"Untuk sayuran yang didatangkan dari luar daerah, seperti kubis kami jual Rp20.000 per kilogram, wortel Rp25.000 per kilogram, tomat Rp20.000 per kilogram," kata dia.

Untuk kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng tidak mengalami kenaikan.



Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014