Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan menyerahkan kadeudeuh atau bonus bagi atlet peraih medali pada Asian Games XVII/2014 dan Asian Paragames II/2014 di Incheon, Korea Selatan.

"Diharapkan pretasi yang telah diraih atlet Jabar tidak berhenti di satu titik tapi bisa bangkit dan memberikan yang terbaik pada PON XIX/2016 di Jabar," kata Gubernur Jabar saat penyerahan kadeudeuh di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu.

Total kadeudeuh yang diserahkan Gubernur senilai Rp1,1 miliar masing-masing kadeudeuh untuk atlet Asian Games 2014 senilai Rp527 juta dan kadeudeuh untuk atlet paragames senilai Rp499,5 juta.

Kadeudeuh bagi atlet Asian Games masing-masing medali emas diguyur Rp40 juta, perak RpRp35juta dan perunggu Rp25 juta. Sedangkan bagia tlet yang tidak meraih medali tetap mendapat kadeudeuh masing-masing Rp8 juta.

Pada ajang olahraga tingkat Asia di Incheon Korea Selatan, September 2014 itu atlet Jabar mempersembahkan tiga medali perak dan enam perunggu bagi kontingen Indonesia.

Sedangkan kontingen Asian Paragemes II tahun 2014 asal Jabar sebanyak 15 orang terdiri dari sembilan atlet, empat orang pelatih dan dua orang pendamping.

Para atlet pragames Jabar memperoleh enam medali emas dari tenis meja, bulu tangkis dan renang. Selain itu perak dari renang dan tiga perunggu dari cabang atletik dan tenis meja.

Sementara itu Asisten Setda Pemprov Jabar Kesejahteraan Sosial Ahmad Hadari menyebutkan, pemberian kadeudeuh itu merupakan bagian dari apresiasi dari Pemprov Jabar terhadap dunia olahraga dalam hal ini atlet berprestasi.

"Mereka adalah atlet-atlet terbaik Jawa Barat juga merupakan atlet andalan Jabar pada ajang PON XIX/2016 yang akan digelar di Jabar," kata Ahmad Hadadi menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014