Sidoarjo (ANTARA News) - Petugas Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur dan tim gegana dari Kepolisian Daerah Jawa Timur menyisir sejumlah gereja di wilayah hukum setempat untuk mengamankan Misa Natal 2014.

Kepala Kepolisian Sektor Kota Sidoarjo Kompol Kurniawan Wulandono, Rabu, mengatakan penyisiran ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan Misa Natal berlangsung aman dan nyaman.

"Gereja yang mendapatkan penyisiran ini lebih diutamakan pada gereja-gereja yang memiliki jumlah jemaat yang cukup banyak serta memiliki kapasitas yang cukup besar," katanya.

Ia mengatakan gereja-gereja tersebut disterilkan dari barang-barang yang berbahaya dan juga barang-barang yang bisa mengancam keselamatan orang banyak saat kegiatan Natal kali ini.

"Gereja yang mendapatkan penyisiran tersebut di antaranya adalah gereja yang berada di Jalan Untung Surapati, Jalan Kartini, dan juga Monginsidi," katanya.

Menurut dia, kegiatan penyisiran ini dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi masuknya barang berbahaya masuk ke dalam Gereja serta untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman saat pelaksanaan Natal.

"Segala macam kemungkinan yang terjadi saat pelajaran Natal ini akan terus diantisipasi supaya pelaksanaan Natal di Sidoarjo bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Pada saat pelaksanaan Natal dan tahun baru kali ini Polres Sidoarjo membangun dua belas pos pengamanan dan juga pos pelayanan untuk membantu warga masyarakat yang ingin melaksanakan Natal dengan nyaman.

Pos pengamanan tersebut didirikan di beberapa lokasi strategis supaya pemantauan pengamanan tersebut bisa dilaksanakan secara maksimal demi terciptanya ketertiban lingkungan di Kabupaten Sidoarjo. 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014