Ambon (ANTARA News) - Ribuan umat Kristriani memadati gedung-gedung gereja dan katedral di seluruh wilayah Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku untuk mengikuti ibadah persiapan jelang perayaan Natal 25 Desember 2014.

Pemantauan di Ambon, Rabu, seluruh gedung gereja dan Katedral tampak disesaki umat yang datang untuk beribadah, hingga ke luar gedung.

Kendati pihak pengelola gereja telah menyediakan tenda dan kursi tambahan serta membagi jadwal ibadah menjadi dua hingga tiga kali, tetapi tidak mampu menampung banyaknya umat yang datang untuk mengikuti ibadah.

Sebagian besar umat Kristiani juga rela mengikuti jalannya ibadah yang berlangsung secara khusuk dan lancar walaupoun harus berdiri berjam-jam selama prosesi ibadah berlangsung.

Pada sejumlah gereja juga dipasangi televisi monitor maupun layar lebar guna mempermudah umat yang berada di luar gedung juga dapat mengikuti jalannya ibadah dengan baik.

Sebagian tempat ibadah, terutama yang letaknya dekat dengan ruas jalan utama, dijaga puluhan personil TNI dan Polri. Aparat TNI dan Polri juga ikut membantu arus lalu lintas di ruas jalan depan gedung gereja, termasuk mengatur kendaraan miliki umat yang datang untuk beribadah.

Beberapa aparat keamanan yang beragama Kristiani juga turut ikut berbaur mengikuti ibadah persiapan menyambut peringatan kelahiran Yesus Kristus sebagai Juru Selamat tersebut bersama umat lainnya, kendati sesekali harus keluar untuk membantu sesama aparat mengatur jalannya ibadah agar berjalan lancar.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Komaruz Zaman turun langsung untuk memantau jalannya ibadah persiapan menyambut Natal 2014 di tempat diantaranya di Gereja Maranatha dan Kathedral Santo Franciscus Xaverius di jalan Pattimura.

Dua Gedung ibadah terbesar umat Nasrani dan Katholik tersebut tampak disesaki warga yang datang untuk beribadah. Ibadah di Gereja Maranatha dibagi dalam tiga kali yakni pukul 15.00 WIT, 17.00 WIT dan pukul 19.00 WIT, di mana ibadah pukul 17.00 WIT dipimpin Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pendeta Dr John Ruhulesin, M.Th.

Sedangkan di Kathedral Santo Franciscus Xaverius hanya dilakukan sekali yakni pukul 19.00 WIT dan misanya dipimpin langsung oleh Uskup Amboina, Mgr Petrus Canisius Mandagie.

Kapolres Ambon Komaruz Zaman mengakui, prosesi ibadah menyambut peristiwa kelahiran Yesus Kristus sebagai Juru Selamat Dunia di seluruh gedung gereja, Kathedral maupun paroki di ibu kota provinsi Maluku, berjalan aman dan lancar.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014