Mamuju (ANTARA News) - Sekitar 5.000 orang umat Kristiani di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, melaksanakan perayaan misa malam Natal di sejumlah gereja.

Pemantauan Antara di Mamuju, Rabu malam, ratusan umat Kristen Katolik tampak memadati Gereja Santa Maria Mamuju yang terletak di Jalan Bau Massape Mamuju untuk merayakan misa Malam Natal.

Acara Misa malam Natal di gereja itu dipimpim Pastor Semy. Perayaan Natal di gereja itu berlangsung aman dan terkendali, meskipun jumlah aparat kepolisian berbaur dengan petugas Dinas Perhubungan Mamuju dan kader organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila Kota Mamuju.

Umat Kristiani di gereja itu tampak merayakan misa Malam Natal secara khidmat, dalam kondisi suasana tampak cerah.

"Tema malam Natal di gereja Santa Maria adalah mewujudkan kasih Alah dalam keluarga," kata Pastor Semu

Selain di gereja itu ratusan umat kristiani juga merayakan malam Natal di 11 gereja di Mamuju.

Ratusan umat kristiani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Gereja Mamuju (FKGM), yang terdiri jemaat Kristen Protestan, Pantekosta dan Advent juga merayakan kebaktian malam Natal di sejumlah gereja itu.

Jemaat FKGM yang terdapat di sebelas gereja di Kota Mamuju, hampir secara keseluruhan merayakan kebaktian malam Natal, seperti tampak di Gereja Kristen Sulawesi Barat (FKGS) di Jalan Sultan Hasanuddin Mamuju.

Andreas, salah seorang warga mengatakan keamanan perayaan natal di Mamuju tetap terpelihara berkat kerukunan antar umat beragama yang telah berhasil dibina oleh seluruh komponen umat beragama di Mamuju.

Sementara pendeta Margarita Rumiati di gereja FKGM mengajak umat manusia berhenti berdosa dan harus memiliki kesadaran dalam menyambut kelahiran tuhan di hari raya Natal ini.

Ia berharap keamanan perayaan Natal di Mamuju tetap dipertahankan seperti sebelumnya agar ketentraman dan kedamaian di daerah ini tetap terjaga dan masyarakat dapat hidup secara tentram dan damai, dan meminta 5.000 umat kristiani di Mamuju berhenti berdosa.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014