Merak (ANTARA News) - Ribuan kendaraan memadati enam dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, menunggu untuk diseberangkan dengan kapal ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada libur Natal, Kamis sore.

Kendaraan yang sebagian besar berisi pemudik itu mengentre tertib mulai pintu gerbang hingga pelataran dermaga I hingga VI untuk menunggu giliran naik ke atas kapal Roll on Roll off atau Ro-Ro.

Jumlah kendaraan yang mengentre diperkirakan 4000 unit, baik kendaraan roda empat, sepeda motor, bus, maupun truk.

"Kami bekerja keras untuk mengatur lalu lintas agar penyeberangan berjalan lancar," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Merak, Mario S Oetomo, saat dihubungi di Merak.

Menurut dia, secara umum penyeberangan Merak-Bakauheni lancar, meski terjadi antrean sejak malam hingga sore ini.

Kemungkinan puncak liburan Natal dan Tahun Baru hari Sabtu (27/12) dan Minggu (28/12).

Kebanyakan penumpang itu dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi karena kendaraan mereka berplat nomor polisi B.

"Kami komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan dengan lancar, tepat kedatangan dan selamat sampai tujuan," katanya.

Suharyanto, pengendara mobil pribadi mengaku bahwa dirinya sudah empat jam di Dermaga Pelabuhan Merak belum diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami datang ke sini pukul 12.10 WIB dari Jakarta, namun hingga sore ini belum diseberangkan karena antrean kendaraan begitu padat," kata Suharyanto, yang mengaku hendak liburan ke Bandarlampung.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014