Purwakarta (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura, melintasi simpang Jomin di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, padat pada hari pertama libur Natal, Kamis.

Kepadatan terjadi sejak pagi hingga sore ini karena meningkatnya volume kendaraan para pemudik yang hendak memanfaatkan libur Natal dan akhir tahun.

"Macetnya luar biasa, hampir sama dengan macet saat musim mudik Lebaran," kata Sodik, seorang pengemudi dari Bekasi ang hendak menuju Magelang, Jawa Tengah.

Menurutnya, kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi sejak di jalan Tol Jakarta-Cikampek, sampai menjelang gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta.

Tetapi, selepas gerbang Tol Cikampek, arus lalu lintas lumayan lancar, dan kembali terjebak macet saat memasuki pertigaan Mutiara hingga Simpang Jomin.

Ia mengaku sampai berjam-jam terjebak macet di beberapa titik jalan Tol Jakarta-Cikampek. Ditambah lagi, terjebak macet di sekitar simpang Jomin menuju jalur Pantura Karawang.

Kendaraan-kendaraan yang keluar dari jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju jalur Pantura didominasi kendaraan pribadi.

Sementara bus dan truk hanya sebagian kecil dari itu. Meski demikian, adanya truk-truk yang mogok di jalan memperparah kondisi arus lalu lintas, membuat kemacetan semakin panjang.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014