Peningkatan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor sudah terjadi selama sepekan ini. Rata-rata jumlah pengunjung mencapai 4.000 orang lebih,"
Bogor (ANTARA News) - Ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI, Jawa Barat, saat libur Natal 2014, Kamis.

Keramaian pengunjung terlihat dari antrean pintu masuk Kebun Raya Bogor, mereka sudah berdatangan sejak pagi hingga siang hari.

"Peningkatan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor sudah terjadi selama sepekan ini. Rata-rata jumlah pengunjung mencapai 4.000 orang lebih," kata Petugas Pengawasa Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar.

Upun menjelaskan, pada hari biasa rata-rata jumlah kunjungan di Kebun Raya Bogor mencapai 1.500 hingga 2.000 orang, sedangkan pada akhir pekan mencapai 3.000 sampai 4.000 orang.

Tetapi, selama libur sekolah menjelang Natal dan Tahun Baru, jumlah pengunjung meningkat dari biasanya yakni mencapai dua kali lipatnya.

"Selama sepekan ini, kunjungan Kebun Raya Bogor didominasi oleh keluarga," kata Upun.

Para pengunjung ini, lanjut Upun, berasal dari berbagai wilayah selain dari kawasan Jabodetabek, juga dari sejumlah daerah seperti Banten, dan Sumatera.

Untuk mengakomodasi jumlah pengunjung yang meningkat, manajemen Kebun Raya Bogor meningkatkan pelayanan dengan menambah jumlah petugas tiketing agar tidak terjadi antrian masuk.

"Kami membuka tiga pintu masuk bagi pengunjung yakni pintu utama di Pasar Bogor, pintu depan kampus IPB dan pintu samping Kantor Pos," katanya.

Selain menambah jumlah petugas tiketing, manajemen Kabun Raya Bogor juga menambah pengamanan, petugas pemandu wisata dan petugas kebersihan.

Menurutnya, seiring meningkatnya jumlah pengunjung di Kebun Raya Bogor, maka volume sampah yang ditinggalkan para wisatan juga ikut meningkat.

Upun menambahkan, untuk mengantisipasi cuaca buruk mengingat Kota Bogor saat ini telah memasuki musim penghujan, petugas Kebun Raya Bogor akan menginformasikan kepada pengunjung terkait situasi cuaca.

"Kami menginformasikan dengan pengeras suara, bila sudah turun hujan kami mengimbau para pengunjung untuk segera berkemas dan tidak berada di Kebun Raya," katanya.

Kebun Raya Bogor beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Biaya masuk tiket kebun raya perorang Rp14.000.

Selama liburan PKT Kebun Raya Bogor memberikan promo penjualan bibit angrek dalam botol hasil laboratorium kultur jaringan, jika ada yang membeli lima botol akan mendapat gratis satu botol.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014