Karawang (ANTARA News) - Kemacetan terjadi di sekitar simpang Jomin hingga ke jalur Pantura wilayah Karawang, Jawa Barat, pada hari libur Natal, Kamis.

Padatnya arus lalu lintas sekitar simpang Jomin-jalur Pantura Karawang sampai mengakibatkan kemacetan itu terjadi akibat tingginya volume kendaraan yang melintas.

Kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju arah Cirebon didominasi kendaraan pribadi. Sedangkan kendaraan bus dan truk yang melintas hanya sebagian kecil.

Kemacetan parah terjadi di sekitar simpang Jomin. Itu terjadi akibat adanya pertemuan arus kendaraan dari jalan By Pass Jomin dengan kendaraan dari jalan arteri Karawang.

Selain itu, kemacetan juga terjadi karena kondisi simpang jomin yang menyempit atau "bottle neck" serta akibat bertemunya dua arah antara kendaraan dari jalan By Pass Jomin dengan kendaraan dari Cirebon menuju gerbang Tol Cikampek.

Hendra, seorang pengemudi yang akan ke Indramayu, mengaku sudah terjebak macet dari gerbang Tol Cikampek hingga simpang Jomin selama sekitar 30 menit sampai satu jam.

Ia mengaku kemacetan di sekitar simpang Jomin hingga Pantura Karawang cukup parah. Dari jalan arteri Karawang menuju jalur Pantura, kemacetan terjadi cukup panjang hingga mencapai lebih dari 3 kilometer.

Sedangkan dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura, kemacetan sudah terjadi sejak selepas pertigaan Mutiara sampai memasuki jalur Pantura. 

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014