PSM adalah kebanggaan kita semua, saya mau klub kebanggan kita ini kembali berjaya seperti dulu dan saya pasti akan mensupport PSM,"
Makassar (ANTARA News) - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, berjanji akan membantu mencarikan solusi terhadap sejumlah masalah yang dihadapi PSM Makassar, salah satunya mencarikan sponsor untuk klub sepak bola kebanggaan warga Sulawesi Selatan.

"PSM adalah kebanggaan kita semua, saya mau klub kebanggan kita ini kembali berjaya seperti dulu dan saya pasti akan mensupport PSM," ujarnya saat menerima kunjungan manajemen PSM Makassar di rumah dinasnya, Kamis.

Ramdhan mengatakan, PSM Makassar yang selama satu dekade terakhir ini tidak lagi mendapatkan gelar serta banyaknya permasalahan yang dihadapinya membuatnya prihatin, apalagi dengan para penggemarnya.

Dia mengaku, sejak dirinya menjabat wali kota yang baru enam bulan itu belum pernah melakukan pertemuan langsung dengan manajemen hanya memantaunya dari media massa.

"Kepemimpinan saya masih baru dan saya adalah salah satu penggemar berat dari PSM Makassar. Saya seorang atlet dan saya tahu bagaimana jika kita tidak mendapatkan prestasi. Makanya, saya akan mensupport penuh tim ini," katanya.

Dikatakannya, sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 tahun 2011, tentang larangan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membiayai klub sepakbola profesional membuat sejumlah klub harus berusaha keras.

Aturan Permendagri itu juga melarang para wali kota maupun bupati untuk menggelontorkan anggaran besar untuk membiayai keuangan PSM Makassar.

Untuk itu, cara yang dilakukan Danny, sapaan akrabnya, adalah dengan mempromosikan tim ayam jantan tersebut dalam mendapatkan bantuan sponsor.

"Insya Allah, Pemkot akan membantu PSM sesuai dengan aturan karena adanya larangan pakai uang negara. Maka, kita akan himpun kekuatan swasta untuk membatu PSM," terangnya.

Danny juga akan segera melakukan pembenahan lapangan Karebosi sebagai tempat latihan PSM dimana sejak dua tahun terakhir ini, PSM Makassar tidak lagi bermarkas di Makassar karena dinilai tidak memiliki standar internasional oleh PSSI.

"Yang pasti akan saya benahi lapangan Karebosi, saya usahakan ada lampu disitu, jadi biar malam bisa latihan juga. Tetapi sebelum itu, kita berharap PSM bisa bermarkas di Makassar dulu," ungkapnya.

Dia menambahkan, pada 2015 Pemkot akan menyelenggarakan berbagai turnament sepak bola jalanan, yang melibatkan usia muda. Danny berharap, pembenahan bibit sepak bola usia dini harus kembali digaungkan, guna memberikan kontribusi pemain lokal bertalenta kepada PSM.

Dalam waktu dekat, wali kota dijadwalkan akan melakukan pertandingan uji coba malam hari untuk memastikan kesiapan penggunaan Stadion Andi Mattalatta (Mattoanging) sebagai home base PSM.

Sementara itu, Direktur Operasional PSM Ary Azhari Sirajuddin mengatakan, maksud kunjungannya ke Wali Kota Makassar untuk meminta dukungan pemerintah jelang bergulirnya kompetisi musim depan.

"Kita minta bantuan Pak Wali, dukung PSM agar berjaya kembali. PSM sudah lama tidak berjaya dan kita ingin pendukung dibahagiakan dengan meraih kejayaan kembali," ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa hal dibahas termasuk perubahan logo PSM yang sebelumnya menggunakan lambang Kota Makassar, menjadi gambar ayam jantan dari timur.

Selain itu, beberapa ciri khas PSM akan dikembalikan seperti warna kostum merah terang menjadi merah darah dan juga wacana pembangunan stadion baru.

Pewarta: M Hasanuddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014