Inggris (ANTARA News) - Dua klub asal kota Manchester, Manchester City dan Manchester United, sama-sama memperoleh keunggulan sementara atas lawan masing-masing hingga babak pertama usai dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris, Jumat malam WIB.

Kedua tim tengah terlibat dalam agenda rutin tahunan Liga Inggris yakni rangkaian pertandingan musim liburan, atau sebagian juga mengenalnya sebagai Boxing Day.

City yang berstatus sebagai juara bertahan musim lalu, sementara unggul 3-0 atas tuan rumah West Bromwich Albion berkat gol dari para punggawa lapangan tengah mereka, Fernando, Yaya Toure dan David Silva, masing-masing pada menit 8, 13 dan 34.

Produktivitas pemain tengah mereka, boleh jadi merupakan dasar kepercayaan diri pelatih Manuel Pellegrini untuk menerapkan formasi tanpa penyerang murni dalam laga tersebut. James Milner yang sepanjang musim 2014/2015 kerap ditempatkan dalam sejumlah posisi yang berbeda, termasuk bek sayap, kini menjadi ujung tombak serangan City.

Pun demikian, ketidakhadiran penyerang murni buktinya bukan suatu masalah bagi City, mengingat mereka dengan mudahnya unggul tiga gol di kandang lawan.

Apabila kedudukan bertahan hingga akhir, maka City akan kembali memangkas selisih poin dari pemuncak klasemen sementara, Chelsea, yang baru saja menang meyakinkan 2-0 atas West Ham United, menjadi tiga angka saja.

Sementara itu, di Old Trafford, Manchester United juga tengah menggenggam keunggulan 2-0 atas tim tamu, Newcastle United.

Gol keunggulan United dicetak oleh Wayne Rooney, yang lagi-lagi oleh pelatih Louis van Gaal diplot untuk memainkan peran sebagai pemain tengah dan bukannya penyerang sebagaimana mestinya.

Kemampuan Rooney beradaptasi jelas diuji, dan pemain kelahiran kota Liverpool itu membuktikan bahwa produktivitas golnya tidak mengering meski harus menempati posisi permainan lebih turun dibanding biasanya.

Di beberapa kota lain, laga Boxing Day juga tengah digelar, Southampton unggul 1-0 atas tuan rumah Crystal Palace di Selhurst Park, Everton tertinggal 0-1 dari tim tamu Stoke City di Goodison Park, Tottenham Hotspurs sementara mengungguli tuan ruah Leicester City 1-0 dan Swansea City unggul 1-0 melawan Aston Villa.

Sedangkan dalam dua laga lain, Sunderland masih imbang 1-1 dengan Hull City dan pertandingan Burnley menjamu Liverpool masih hambar tanpa gol.

Satu pertandingan lain yang dimulai lebih terlambat, adalah antara Arsenal menghadapi Queen Park Rangers di Stadion Emirates, Sabtu dini hari WIB.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014