Burnley, Inggris (ANTARA News) - Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, akhirnya sukses mempersembahkan kemenangan pertama bersama dalam laga Boxing Day bagi tim yang sudah ditanganinya sejak musim 2012-2013 itu.

Rodgers membawa Liverpool menang 1-0 atas Burnley, setelah di dua musim pertamanya menangani tim Merseyside Merah itu selalu menelan kekalahan pada laga Boxing Day, masing-masing 1-2 dari Manchester City pada musim lalu dan 1-3 dari Stoke City dua tahun silam.

Meski demikian, kemenangan tipis yang didapat di kandang tim promosi tersebut Stadion Tur Moor, Jumat malam WIB itu, harus diperoleh Liverpool dengan susah payah.

Gol semata wayang yang dicetak penyerang muda Raheem Sterling pada menit 62, menjadi faktor pembeda antara dua tim yang sama-sama cenderung tumpul dalam urusan menyerang sepanjang 90 menit laga tersebut.

Meski menguasai 52 persen bola, Liverpool sebetulnya cenderung lebih ditekan dalam laga tersebut, mengingat tuan rumah lebih spartan kala memiliki bola.

Penjaga gawang Bradley Jones bahkan sudah terlanjur mati langkah saat menit 14 Scott Arfield "menyuapi" Danny Ings dengan umpan matang, yang sayangnya penyelesaian si penyerang hanya membentur tiang gawang.

Semenit berselang masalah dengan pahanya membuah Jones ditarik keluar digantikan Simon Mignolet.

Menit 29 Adam Lallana memiliki peluang membawa Liverpool unggul, namun sepakannya menyambut umpan sang kapten Steven Gerrad masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Tom Heaton.

Pada menit 36 giliran Burnley yang mengancam gawang Liverpool, saat sepak pojok Kieran Trippier diantisipasi tanggung oleh Mignolet dan bola mengarah ke Arfield, namun bola tendangan si penyerang masih bisa dihalau oleh Lucas Leiva.

Memasuki babak kedua dengan kedudukan masih imbang tanpa gol, Liverpool menarik keluar Kolo Toure dan menggantinya dengan Emre Can.

Sejak awal paruh kedua itu, Liverpool terlihat lebih nyaman dalam mengendalikan bola. Hasilnya pada menit 62 Sterling berhasil membawa Liverpool unggul lewat sepakannya ke gawang yang sudah ditinggalkan Heaton setelah menerima umpan lambung menawan dari Philippe Coutinho.

Keunggulan tersebut sukses dipertahanan Liverpool di tengah gempuran upaya Burnley menyamakan kedudukan.

Hasil itu membuat Liverpool sementara menempati peringkat ke-9 klasemen sementara dengan raihan 25 poin.

Berikut susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir situs UEFA.com.

Burnley (4-4-2): Tom Heaton (PG); Kieran Trippier, Michael Keane, Jason Shackell, Ben Mee (Lukas Jutkiewicz); George Boyd, Dean Marney, David Jones (Ross Wallace), Scott Arfield; Ahsley Barnes (Sam Vokes), Danny Ings
Pelatih: Sean Dyche

Liverpool (3-4-3): Bradley Jones (PG/Simon Mignolet); Kolo Toure (Emre Can), Martin Skrtel, Mamadou Sakho; Jordan Henderson, Steven Gerrard, Lucas Leiva, Lazar Markovic; Philippe Coutinho (Rickie Lambert), Raheem Sterling, Adam Lallana
Pelatih: Brendan Rodgers

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014