Johannesburg (ANTARA News) - Gelandang Pantai Gading Yaya Toure mendekati penghargaan Pemain Terbaik Afrika untuk keempat kalinya secara beruntun pada Jumat, ketika ia masuk dalam tiga besar kandidat peraih penghargaan tersebut.

Penyerang Gabon Pierre-Emerick Aubameyang dan kiper Nigeria Vincent Enyeama merupakan dua pesaingnya untuk penghargaan paling bergengsi bagi pesepak bola Afrika itu.

Toure bermain untuk juara bertahan Liga Utama Inggris Manchester City, Aubemayeng membela klub Jerman Borussia Dortmund, dan Enyeama untuk klub Prancis Lille.

Suara-suara dari 56 pelatih tim nasional Afrika akan menentukan siapa yang menjadi pemenang, yang akan diumumkan pada 8 Januari di Lagos.

Penyerang Kamerun Samuel Etoo memenangi penghargaan tersebut sebanyak empat kali, namun ia hanya mampu tiga kali memenanginya secara berturut-turut.

Penghargaan Pemain Terbaik untuk pemain-pemain yang berkiprah di Afrika akan jatuh kepada salah satu dari dua pemain klub Aljazair Entente Setif dan El-Hedi Belameiri, Akram Djahnit, atau Firmin Mubele dari klub Republik Demokratik Kongo, V Club.

Setif dan V Club merupakan kandidat-kandidat untuk mencapai final Liga Champions Afrika, yang dimenangi klub Aljazair itu melalui keunggulan gol-gol tandang.

Kandidat-kandidat peraih penghargaan tahunan sepak bola Afrika:

Pemain Terbaik Afrika: Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon), Vincent Enyeama (Nigeria), Yaya Toure (Pantai Gading)

Pemain Terbaik yang bermain di Afrika: El-Hedi Belameiri, Akram Djahnit (keduanya bermain untuk Setif/ Aljazair), Firmin Mubele (V Club/Republik Demokratik Kongo)

Pesepak bola putri: Annette Ndom (Kamerun), Desire Oparanozie, Asisat Oshoala (keduanya Nigeria)

Pesepakbola remaja terbaik: Fabrice Ondoa (Kamerun), Asisat Oshoala, Uchechi Sunday (keduanya dari Nigeria)

Pesepak bola paling menjanjikan: Vincent Aboubakar, Clinton Njie (keduanya dari Kamerun), Yacine Brahimi (Aljazair)

Pelatih: Vahid Halilhodzic (Aljazair), Florent Ibenge (V Club dan Republik Demokratik Kongo), Kheireddine Madoui (Setif)

Tim nasional: Aljazair, Libya, Nigeria

Tim nasional putri: Kamerun, Nigeria, Nigeria U-20

Klub: Al-Ahly (Mesir), Setif (Aljazair), V Club (Republik Demokratik Kongo), demikian dilansir AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014