Jakarta (ANTARA News) - Setelah hujan mengguyur Depok dan Bogor sejak Jumat, Pintu Air Manggarai dilaporkan dalam keadaan waspada atau siaga III.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat kondisi pintu air Manggarai pada level ketinggian 775 senti meter pada pukul 06.00 WIB. Level tersebut bisa saja meningkat jika hujan terus mengguyur.

Pintu air Manggarai sudah masuk ke level siaga sejak pukul 05.00 WIB dengan ketinggian air 760 senti meter. Kondisi tersebut terus meningkat sejak pukul 01.00 WIB yang memasuki siaga IV dengan ketinggian muka air mencapai 690 senti meter. Pukul 02.00 WIB air naik hingga level 720 senti meter dan kembali naik pada pukul 03.00 WIB menyentuh level 740 senti meter.

Selain itu, Pintu Air Karet juga berada di level waspada. Pada pukul 06.00 WIB tinggi muka air tercatat pada ketinggian 490 senti meter.

Pintu Air Pasar Ikan tercatat dalam kondisi kritis di level 205 senti meter pada pukul 06.00 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, Jakarta masih diguyur hujan membuat sejumlah ruas jalan utama di Jakarta dan Tangerang tergenang air.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah Jakarta hari ini akan diguyur hujan hingga malam nanti.


Berikut lokasi genangan yang terjadi berdasarkan pantauan NTMC Polri:

Genangan air terjadi di jalan Matraman dekat halte bus setinggi 20 senti meter
Jalan Cikini Raya depan minimarket Sevel 20 senti meter
KM 04 tol Kebon Jeruk setinggi 20 senti meter
Jalan Kapuk Raya setinggi 40 senti meter
Depan Kantor BNN, Jalan MT Haryono Cawang 30 senti meter
Pertigaan hek jalan raya Bogor Jakarta Timur, Kelapa Gading dan wilayah lain dengan ketinggian air bervariasi.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014