Jayapura (ANTARA News) - Ribuan warga Kota Jayapura dan daerah sekitar Papua, Sabtu malam, menghadiri perayaan Natal nasional bersama di Lapangan Mandala yang dimulai sejak pukul 17.00 WIT dan diisi kidung-kidung Natal yang dibawakan paduan suara STAKPN Sentani, Youtefa Voice Pemprov Papua, dan Pemprov Papua Barat.

Selain itu ada pula grup musik suling tambur dari Sanger Talaud dan warga Sentani, grup musik anak-anak Jean Mayer, serta tarian adat dari Iriantos grup Manokwari dan tarian koteka dari grup Tari Eroma Koteka. Sedangkan Pdt Lipiyus Biniluk memimpin acara ini.

Sementara itu, Presiden Jokowi tiba di Lapangan Mandala Kota Jayapura sekitar pukul 20.00 WIT, didampingi Iriana Widodo dan rombongan.

"Saya akan mengunjungi Papua dalam setahun tiga kali," kata Presiden Jokowi disambut tepuk tangan meriah dari ribuan warga yang hadir dalam perayaan Natal nasional bersama itu.

Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat Natal kepada masyarakat Papua dan Indonesia. "Saya ingin Papua menjadi tanah damai. Saya juga berempati kepada kekerasan yang terjadi di Paniai, saya turut belasungkawa. Saya ingin kasus itu diusut tuntas," katanya.

Dia juga meminta kepada semua pihak di daerah ini bersatu membangun Papua. "Yang di hutan sana, mari bersama-sama membangun Papua, menuju tanah damai yang kita inginkan," katanya.

Turut hadir dalam Natal nasional ini adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi, Kapolri Jenderal Sutarman, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, dan Menteri PPA Yohana M Yembisa.





Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014