...akan menyisir dengan pesawat yang kita miliki...
Jakarta (ANTARA News) - TNI Angkatan Udara juga turut mencari pesawat maskapai Air Asia QZ 8501 rute Surabaya--Singapura yang hilang kontak sejak Minggu pagi.

"Kita hari (Minggu, 28/2) ini akan menyisir dengan pesawat yang kita miliki," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Hadi Tjahjanto, dalam wawancara dengan stasiun televisi swasta di Jakarta, Minggu.

TNI AU telah memberangkatkan satu pesawat berjenis Boeing 737 untuk melakukan penyisiran karena posisi terakhir diperkirakan berada di atas perairan.

Selain itu, ujar dia, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Terkait dengan cuaca, ia mengungkapkan bahwa berdasarkan pantauan radar cuaca dari Bandara Halim Perdanakusuma memang cuaca berawan, namun hal itu harus dikonfirmasi lebih jauh apakah pesawat tersebut hilang kontak disebabkan oleh cuaca atau tidak.

Hadi juga mengutarakan harapannya agar dengan berbagai kemampuan dan koordinasi dengan berbagai pihak diharapkan pesawat yang hilang kontak tersebut juga dapat segera ditemukan.

TNI AU juga telah menyiapkan posko yaitu selain di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, serta juga ada posko di Bandara Supadio Pontianak. (Simak juga Air Asia mengubah warna logonya dari merah menjadi kelabu)


Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014