Jakarta (ANTARA News) - Pilot pesawat Air Asia jurusan Surabaya--Singapura sempat meminta mengubah arah pesawat ke kepada pemandu lalu lintas udara (ATC) Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Plt Dirjen Perhubugan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo, di Pusat Krisis Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu, mengatakan pilot minta mengubah arah pesawat pada pukul 06.12 WIB.

Djoko dalam keterangannya yang disiarkan televisi swasta mengatakan pilot meminta mengubah arah ke kiri dan mengubah ketinggian dari sebelumnya barada di 32.000 kaki karena masalah cuaca. Pesawat sendiri lepas landas pada pukul 05.36 WIB dari Surabaya.

Pada pukul 06.16 WIB, pesawat masih terlihat di layar radar. Selanjutnya pada pukul 06.17 masih terlihat signal namun hilang kontak. Pada pukul 06.18 pesawat hilang dari radar, dan hanya terlihat jalur yang seharusnya dilalui oleh pesawat.

ATC sendiri baru menyatakan pesawat hilang kontak pada pukul 07.08 WIB.

Djoko mengatakan pesawat mengangkut 155 penumpang yang terdiri dari 138 penumpang dewasa, 16 anak-anak, dan satu bayi. Selain itu dua pilot dan empat awak pesawat.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014