Kalau ada kegiatan, tinggal SMS (pesan singkat) saja mereka langsung datang
Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Ratusan perempuan di Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ramai-ramai bergabung menjadi relawan pemburu sampah untuk membersihkan daerah setempat.

"Saat ini sudah ada 205 orang yang bergabung menjadi anggota Tim Pemburu Sampah. Kalau ada kegiatan, tinggal SMS (pesan singkat) saja mereka langsung datang," kata Camat Baamang, Yusransyah, di Sampit, Minggu.

Anggota Tim Pemburu Sampah ini didominasi para ibu rumah tangga yang tersebar merata di hampir seluruh rukun tetangga yang ada di kecamatan tersebut. Siapapun boleh bergabung menjadi relawan bergabung dalam tim pemburu sampah.

Tim yang terbentuk sekitar sejak tiga tahun lalu ini didasari kepedulian di kecamatan yang merupakan bagian wilayah dari Sampit, Ibu Kota Kabupaten Kotim.

Selain membersihkan lingkungan masing-masing, para ibu siap membantu jika tenaga mereka dibutuhkan untuk kerja bakti di kawasan lain.

Keikhlasan para perempuan Baamang ini patut menjadi contoh, sekaligus menggugah kesadaran masyarakat untuk membersihkan sampah, setidaknya di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Tidak ada insentif apapun untuk mereka. Kami paling hanya menyiapkan sekadar minuman saat kegiatan. Mereka sangat bersemangat. Kapan pun kami hubung ada kerja bakti, kalau mereka tidak sibuk, pasti datang," ujar Yusransyah.

Kian hari, semangat dan kepedulian ini terus meluas ditandai dengan makin banyaknya perempuan yang bergabung menjadi anggota Tim Pemburu Sampah.


Pewarta: Norjani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014