...untuk mendukung keterbukaan informasi publik...
Batam (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau meluncurkan aplikasi android demi memudahkan masyarakat mendapatkan informasi seluas-luasnya tentang program dan pelayanan oleh pemerintah.

"Aplikasi android Pemprov Kepri sudah dapat diunduh di Google Playstore dengan kata kunci Pemprov Kepri. Intinya, itu untuk mendukung keterbukaan informasi publik," kata Kepala Bagian Humas Pemprov Kepri, Dedi Alfian, di Batam, Kepri, Minggu.

Pelayanan informasi itu juga untuk mendukung pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik.

Ia mengatakan semua informasi terkait Pemprov Kepri ada di dalam aplikasi itu, mulai dari program pemerintah, pelayanan publik hingga pengurusan perizinan usaha dan lainnya.

Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemprov Kepri juga mengambil bagian dalam aplikasi itu.

"Kerja sama dengan semua SKPD, dengan cara sub domain. Contohnya kalau BLH punya web juga, di sub domainkan menjadi BLH.kepriprov.go.id dan sebagainya. Induknya kepriprov.go.id," kata dia.

Masyarakat juga dapat mengetahui agenda kegiatan Gubernur Muhammad Sani dan Wakil Gubernur Soerya Respationo dalam aplikasi itu.

Aplikasi itu juga menyediakan buku tamu untuk masyarakat Kepri dan masyarakat umumnya. Di sana, masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan pamong.

"Masyarakat dapat bertanya dan memberikan masukan, kami sangat terbuka," kata dia.

Selain aplikasi play store, Pemprov Kepri juga sudah memiliki web site kepriprov.go.id, Majalah Duta Kepri, KCS TV dan Video Throne.

"Ini semua kami lakukan karena pemerintah sangat mendukung keterbukaan publik," kata dia.

Pada 2013, Pemprov Kepri mendapatkan penghargaan urutan ke delapan untuk informasi keterbukaan publik terbaik di Indonesia.

"Tahun ini kami belum mendapatkan informasi, tapi masih msuk 10 besar kabarnya. Target selanjutnya menjalankan keterbukaan informasi sesuai amanah UU KIP tentunya," kata dia.

(Y011)



Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014