Duh reporter televisi, cukuplah cari informasi. Jangan kesedihan dieksploitasi
Jakarta (ANTARA News) - Pesawat Air Asia telah hilang kontak nyaris 12 jam sejak dinyatakan oleh otoritas penerbangan pada Minggu pagi pukul 7.55WIB, dan tercatat lebih dari 412.000 kicauan oleh netizen "menghiasi" lini masa Twitter dengan tanda pagar #QZ8501.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menyampaikan rasa duka dengan menulis, "Mari kita doakan agar penumpang pesawat Air Asia QZ 8501 selamat dan berada dalam lindunganNYA."

Tak ketinggalan, akun penulis Djenar Maesa Ayu @djenarmaesaayu bertuliskan, "Mari berdoa, bagi keselamatan segenap awak penumpang Air Asia," berikut foto pesawat Air Asia yang hendak terbang.

Namun ia mengkritisi televisi yang menurutnya terlalu mengeksploitasi kejadian nahas ini.

"Duh reporter televisi, cukuplah cari informasi. Jangan kesedihan dieksploitasi," kicaunya.

Hal senada juga disampaikan sutradara Joko Anwar, "Temen-temen reporter TV semoga nggak mengeksploitasi kerabat penumpang QZ8501 utk interview cheap sympathy. Semoga punya hati. :( " kicaunya.

Penyanyi Raisa Andriana lewat akun @raisa6690 sekitar enam jam lalu menuliskan, "dgr kbr pesawat airasia yg ilang kontak dr pagi. semoga cpt ada kbr bagus dan semua baik2 aja. mohon doanya ya tmn2.."

Pesohor Indonesia lainnya, VJ Daniel Mananta di akun @vjdaniel mengajak follower-nya, "Mari hening sejenak utk penumpang AirAsia Indonesia QZ8501 Surabaya - Singapore. Mari kita doakan supaya keluarga Mrk diberikan ketabahan".

Selain tanda pagar #QZ8501, netizen di Twitter juga menggunakan tanda pagar #prayforairasia untuk menyampaikan simpati terkait peristiwa pesawat hilang.

#QZ8501 merupakan trending topic dunia nomor satu, sementara #prayforairasia di posisi kedua dengan total tweet lebih dari 39.400 kali.



Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014