Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael mulai menekuni balapan Seri Dunia Formula Renault 3.5 pada 2015, naik satu tingkat dari kejuaraan FIA Formula 3 Eropa yang ditekuninya selama dua musim dan ia mengatakan amat menikmati peralihan jenis lomba itu.

"Saya kira saya akan menikmati perlombaan di jenis laga World Series Formula Renault 3.5. Itu saya rasakan dalam test awal bulan ini. Dalam test memang belum ada tekanan dan saya berharap dapat mengatasi hal itu dalam lomba sebenarnya nanti," kata Sean dalam perbincangan dengan Antara di kediamannya di Jakarta, Minggu.

Sean Gelael yang kini berusia 18 tahun, sedang berada di Jakarta karena rehat lomba dan kuliah, dan pada 4 Januari 2015 kembali ke Inggris, kemudian pada 19 Januari kembali ke Jakarta bersama rekan setimnya untuk mengikuti jumpa pers dalam pengenalan timnya yang direncanakan pada 21 Januari.

Formula Renault World Series 3.5 adalah salah satu dari dua kejuaraan yang statusnya berada di antara Formula 3 dan Formula 1. Kejuaraan lainnya yang memiliki status yang sama adalah GP2.

Sean sudah melakoni test dengan kendaraan World Series by Renault sebanyak enam hari, dua hari untuk setiap test yang dilakukan di Circuit de Catalunya, Valencia dan Estoril, pada celah waktu berbeda dalam dua bulan akhir tahun ini.

Dia menyebutkan kendaraan dengan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan Formula 3, dengan tenaga mesin V8 3500cc dan kekuatan mencapai 530bhp yang dicobanya, lebih berat, lebih besar dan lajunya lebih kencang.

Sean akan menggunakan kendaraan dengan rem karbon dan Downforce Reduction System (DRS) yang dapat meningkatkan kecepatan kendaraan di lintasan lurus dengan meratakan sayap belakang.

Sean akan membalap dalam sembilan putaran pada kejuaraan Formula Renault 3.5 musim 2015. Delapan dari sembilan balapan akhir pekan selama 2015 akan menampilkan dua race, dimana setiap race akan berlangsung selama 45 menit dan di setiap race kedua, setiap pebalap diwajibkan untuk melakukan pitstop, serupa dengan yang dilakukan di Formula 1, untuk mengganti dua ban. Satu balapan lainnya hanya akan melakukan satu race, yang akan dilakukan di Monaco Grand Prix.

Menurut Ricardo, Sean dalam balapan 2015 akan didampingi rekan setimnya Tom Blomqvist (Inggris) serta Tom Dillmann (Prancis) - pebalap profesional yang pernah disewa tim RMS - Racing Technology pada kejuaraan Piala Porsche Carrera dan bersama tim Arden International pada kejuaraan GP2.

Selain balapan Seri Dunia Formula Renault 3.5 sebanyak sembilan putaran, Sean juga akan mengikuti lima putaran seri Formula 3 Eropa, dimana mantan rekan setimnya Antonio Giovinazzi (Italia) masih bertahan di ajang jenis lomba itu pada seluruh putaran musim 2015.

Pewarta: A.R. Loebis
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014