Jakarta (ANTARA News) - Apple mengatakan toko online iTunes saat ini menyediakan "The Interview", film milik Sony yang membuat marah Korea Utara dan memicu serangan cyber terhadap studio tersebut.

"Kami senang dapat menawarkan 'The Interview' untuk penyewaan atau pembelian di iTunes Store," kata Juru bicara Apple Tom Neumayr dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Dalam situsnya, iTunes menyebutkan, film dengan balutan humor yang bercerita tentang usaha dua wartawan untuk membunuh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tersebut dibandrol dengan harga 14,99 dolar untuk pembelian dan 5,99 dolar untuk penyewaan.

Apple terhitung telat membawa "The Interview" ke dalam video-on-demand di iTunes, setelah para pesaingnya merilis film tersebut di platform video digital mereka pada 24 Desember.

Sony Pictures merilis film online melalui YouTube dan Google Play milik Google, Xbox Microsoft dan website Sony setelah bioskop-bioskop besar menolak untuk menayangkan film komedi tersebut dikarenakan ancaman kekerasan dari hacker.

Film ini juga ditayangkan di 331 bioskop, sebagian besar merupakan bioskop independen, yang membantu menghasilkan lebih dari 1 juta dolar dalam penayangannya pada hari Natal.

Sepertinya akan sulit bagi Sony untuk mendekati angka 44 juta dolar, biaya pembuatan film, ditambah dengan 30-40 juta dolar, perkiraan biaya untuk pemasaran film dan untuk bintang-bintangnya, Seth Rogen dan James Franco, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014