Jakarta (ANTARA News) - Angka kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, stroke, dan diabetes melitus meningkat daripada kasus kematian akibat penyakit menular.

Konsumsi makanan yang cukup, bermutu, dan aman merupakan syarat utama untuk hidup sehat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Riskesdas (2010), makanan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia belum sesuai dengan kebutuhan.

Menurut data yang didapat dari Kementerian Kesehatan, pada Senin, masih terdapat masyarakat yang kurang gizi, tetapi di pihak lain terdapat juga masyarakat yang menghadapi kelebihan gizi, terutama di perkotaan.

Data mortalitas menurut kelompok penyakit berdasarkan kajian hasil survei kesehatan nasional 1995-2007 (Depkes, 2008) menunjukkan terjadinya pergeseran pola penyakit penyebab kematian pada berbagai golongan umur.

Angka kematian akibat penyakit diabetes melitus meningkat 1,1 persen menjadi 2,1 persen; hipertensi dari 7,6 persen menjadi 9,5 persen; dan stroke dari 8,3 persen menjadi 12,1 persen (Depkes, 2008 dan Kemenkes, 2014).

"Kita harus mengubah mindset. Perilaku kita sering kali tidak mau mengubah kita untuk sehat," kata Menkes Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M.(K).

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014