Beijing (ANTARA News) - Pemerintah Tiongkok mengirimkan kapal perang jenis fregat dan pesawat Angkatan Udaranya, untuk membantu pencarian pesawat AirAsia yang hilang dalam penerbangan Surabaya-Singapura Minggu (28/12) pagi.

"Setelah berkoordinasi dan mendapat ijin dari Pemerintah Indonesia, Tiongkok memutuskan untuk mengirimkan kapal dan pesawat untuk membantu pencarian," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Tiongkok yang dirilis, Senin malam.

Pihak Kementerian Pertahanan Tiongkok menyatakan satu kapal perangnya yang tengah berpatroli di kawasan Laut Tiongkok Selatan, tengah menuju ke wilayah Indonesia, yang diduga menjadi lokasi hilangnya pesawat.

Sementara itu, satu pesawat Angkatan Udara Tiongkok tengah dipersiapkan sambil menunggu hasil koordinasi dengan pihak otoritas penerbangan Indonesia.

Dari Jakarta dilaporkan, pencarian pesawat Air Asia QZ8501 pada Selasa (30/12) dengan melakukan penyisiran di sisi selatan Pulau Kalimantan, tepatnya di wilayah Kabupaten Pangkalanbun, Kalimantan Tengah.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014