Denpasar (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Bali menyatakan siaga satu untuk pengamanan di sejumlah titik di Pulau Dewata menjelang perayaan malam tahun baru.

"Polda Bali siaga satu untuk mengamankan pelaksanaan menyambut tahun baru," kata Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Albertus Julius Benny Mokalu di Denpasar, Selasa.

Sebelumnya Polda Bali bersama sejumlah instansi terkait lainnya telah menggelar apel gelar pasukan pengamanan dengan mengerahkan 3.684 polisi untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Jumlah tersebut belum termasuk petugas dari TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga "pecalang" atau petugas pengamanan adat Bali.

Pengerahan ribuan personel itu, kata dia, untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan termasuk ancaman dari orang yang tidak bertanggungjawab.

"Kami tetap berkoordinasi dengan Densus dan tetap waspada. Mari kita jaga Bali bersama jangan sampai terjadi aksi terorisme disini," ucap mantan Kepala Polda Bengkulu itu.

Ia juga meminta petugas keamanan dan aparat desa untuk melakukan pola pengamanan 1x24 jam bagi penduduk pendatang melaporkan diri kepada petugas untuk mudah didata.

Selain itu polisi juga telah melakukan penebalan petugas dan pengetatan keamanan di sejumlah pintu masuk di antaranya Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai dan termasuk pelabuhan ikan.

"Kami pertebal dan perketat keamanan di pintu masuk termasuk pelabuhan ikan juga perlu kami waspadai," ucapnya.

Perayaan malam pergantian tahun akan dipusatkan di sejumlah titik di Bali di antaranya di pusat Kota Denpasar dengan adanya Denpasar Festival dan Pantai Kuta dimana dipastikan ribuan masyarakat akan berkumpul merayakan tahun baru 2015.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014