Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena pasar saham global melemah di tengah ketegangan geopolitik dan dolar AS merosot akibat beberapa ambil untung.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 18,5 dolar AS, atau 1,57 persen, menjadi menetap di 1.200,40 dolar AS per ounce.

Emas berjangka hampir menghapus kerugiannya untuk 2014, karena krisis politik di Yunani menyeret indeks pasar saham utama dunia turun pada Selasa.

Selain itu, ketegangan geopolitik meningkat antara Amerika Serikat dan Rusia karena Washington menambahkan pejabat-pejabat Rusia ke daftar dugaan pelanggar hak asasi manusia.

Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich mengeluarkan pernyataan yang mengatakan langkah itu bisa membahayakan hubungan bilateral antara Rusia dan Amerika Serikat.

Indeks Spot Dolar AS, ukuran dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama, jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga sesi, menambahkan dukungan terhadap kenaikan harga emas.

Para pedagang juga sedang menunggu rilis laporan pengangguran mingguan, yang dijadwalkan akan dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Rabu pagi, bukan Kamis, karena pemerintah dan pasar akan tutup pada Kamis untuk libur Tahun Baru.

Perak untuk pengiriman Maret bertambah 49,7 sen, atau 3,15 persen, menjadi ditutup pada 16,276 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 16,6 dolar AS, atau 1,38 persen, menjadi ditutup pada 1.219,30 dolar AS per ounce, demikian Xinhua.

(A026/A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014