Los Angeles (ANTARA News) -  Sekuel "Star Wars" terbaru menduduki puncak daftar film yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2015, menurut perusahaan penjual tiket Fandango, Selasa.

"Star Wars: Episode VII - The Force Awaken" merupakan salah satu film yang akan mendapat sorotan tahun depan, selain "Avengers: Age of Ultron" dan "The Hunger Games: Mockingjay - Part 2."

Film-film tersebut diharapkan dapat mengalahkan penjualan tiket di Amerika Serikat pad tahun 2013 sekitar 11 miliar dolar. Sementara penjualan tiket di Amerika Serikat untuk tahun ini, menurut boxofficemojo.com, telah meraup 9,4 miliar dolar.

Sekuel terbaru "Star Wars" tersebut merupakan film pertama yang akan diproduksi oleh Walt Disney dan direncanakan akan dirilis pada 18 Desember. Lanjutan dari film besutan George Lucas tersebut akan diarahkan oleh sutradara "Star Trek" JJ Abrams.

Bintang "Hunger Games", Jennifer Lawrence, menjadi aktor wanita yang paling ditunggu-tunggu penampilannya, menurut survei Fandango yang dilakukan kepada lebih dari 1.000 orang.

Sekuel terakhir film thriller dari Lions Gate tersebut rencananya akan dirilis pada 20 November 2015. Sekuel sebelumnya, "The Hunger Games: Mockingjay - Part 2" yang rilis tahun ini sejauh ini telah meraup 306,7 juta dolar selama lima minggu penanyangannya di bioskop Amerika Serikat, menduduki posisi tertinggi kedua dalam penjualan tiket tahun 2014 setelah "Guardians of the Galaxy."

Sementara itu, Robert Downey Jr, yang memerankan Tony Stark/ Iron Man dalam sekuel film super hero "Avengers" menjadi aktor laki-laki yang paling ingin ditonton, menurut Fandango.

Film yang paling ditunggu-tunggu lainnya diantara lain film thriller "Fifty Shades of Grey," dan "World Jurassic," film lain Universal studio tentang "Jurassic Park".

"Fifty Shades" dibintangi Jamie Dornan sebagai pemeran utama laki-laki, sedangkan aktris "Star Wars", Daisy Ridley, menjadi bintang utama perempuan.

Film keluarga yang paling dinanti-nanti peluncurannya adalah "Minion," sekuel dari film animasi "Despicable Me", diikuti oleh "Cinderella", "Inside Out," "Peanuts" dan "Pan," demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014