Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan pada malam pergantian tahun, sebanyak tiga koridor bus Transjakarta akan beroperasi selama 24 jam penuh.

"Khusus pada malam tahun baru, ada tiga koridor yang akan dioperasikan selama 24 jam untuk memudahkan aktivitas warga saat merayakan malam tahun baru," kata Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih di Jakarta, Rabu.

Menurut pria yang akrab disapa Kosasih itu, tiga koridor yang beroperasi itu, antara lain Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 3 (Harmoni-Kalideres) dan Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit). Pada tiga koridor tersebut dioperasikan Angkutab Malam Hari (Amari).

"Akan tetapi, khusus untuk Koridor 1 akan dilakukan pengaturan operasional dan situasional, mengingat di sepanjang Semanggi hingga Monas akan diadakan Jakarta Night Festival (JNF)," ujar Kosasih.

Dia menuturkan selama berlangsungnya JNF, bus Transjakarta akan disiagakan di Monas dan Ancol karena kedua lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi warga untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Pengoperasian bus Transjakarta selama 24 jam di sejumlah koridor juga bertujuan untuk mendorong agar warga tidak menggunakan kendaraan pribadi," tutur Kosasih.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta Pargaulan Butar-Butar mengungkapkan bahwa selain tiga koridor Amari, koridor lain akan tetap beroperasi dengan normal.

"Namun, saat JNF berlangsung, operasional bus Transjakarta akan berhenti sementara karena di lokasi JNF akan dipenuhi warga yang ingin merayakan tahun baru dan kendaraan bermotor tidak boleh melintas," ungkap Pargaulan.

Bus Transjakarta akan kembali beroperasi setelah JNF selesai, yaitu pada Kamis (1/1) sekitar pukul 02.00 WIB, sedangkan acara itu sendiri akan rampung pada pukul 01.00 atau 02.00 WIB.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali menggelar Jakarta Night Festival (JNF) di sepanjang Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Monas pada malam pergantian tahun. Kegiatan itu akan dimulai pada pukul 20.00 WIB.
(R027)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014