Bandung (ANTARA News) - Seribuan umat muslim menggelar istighatsah dan zikir bersama menyambut malam pergantian tahun baru 2015 di lapangan markas Polda Jabar, Kota Bandung, Rabu malam.

Istigasah dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan, para santri dan ulama perwakilan dari beberapa pondok pesantren, TNI, dan tokoh masyarakat Jabar.

Gubernur Jabar menyampaikan selamat Tahun Baru 2015 yang diharapkan sebagai tahun lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan tahun baru sesuai tahun Islam maupun bukan merupakan tahun kebesaran yang harus disambut dengan doa bersama, memohon ampunan dan kebaikan bagi semua umat kepada Allah SWT.

"Mau tahun baru apapun mari kita sambut dengn dzikir, tidak dengan hura-hura," katanya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan menambahkan kegiatan zikir bersama dan doa bersama itu merupakan salah satu cara untuk menyambut pergantian Tahun Baru 2015.

"Ini sudah menjadi trasdisi bersama merayakan tahun baru dengan dzikir dan doa bersama," kata Kapolda.

Menurut dia, melalui kegiatan keagamaan menyambut Tahun Baru itu dapat menjunjung tinggi kemanusiaan untuk membangun Jabar yang aman dan tentram.

Selain itu, lanjut dia, sekaligus merefleksikan diri kekurangan dan kelebihan di tahun 2014, agar di 2015 dapat menjadi yang lebih baik.

"Ini untuk merefleksikan kembali kekurangan dan kelebihan 2014 agar 2015 lebih baik dan mencapai segala cita-citanya," kata Kapolda.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015