Yangon (ANTARA News) - Myanmar akan menjadi tuan rumah Forum Pariwisata ASEAN 2015 akhir bulan ini di Nay Pyi Taw, bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan industri pariwisata negara-negara anggota, kata Kementerian Perhotelan dan Pariwisata, Jumat.

Forum Pariwisata ASEAN ke-34, yang pertama diselenggarakan oleh negara Asia Tenggara itu, akan berlangsung dari 22 Januari hingga 29 Januari, demikian laporan Xinhua.

Sekitar 1.500 pengunjung dari 40 negara termasuk para menteri dan pejabat pariwisata, peserta pameran ASEAN dan pembeli internasional serta media lokal dan internasional diharapkan akan menghadiri acara tahunan tersebut.

Selama forum delapan hari itu digelar, Pertemuan Para Menteri Pariwisata ASEAN, Pertemuan Tingkat Menteri antara ASEAN dan mitra dialognya, Pertemuan Otoritas Masyarakat Pariwisata ASEAN, dan pertemuan terkait termasuk sesi pelaku usaha akan diselenggarakan di ibukota.

Forum Pariwisata ASEAN Pertama diselenggarakan oleh Malaysia pada 1981 guna menyediakan platform untuk jual beli produk wisata dari negara-negara anggota ASEAN.

Menurut statistik pariwisata kawasan, 99,2 juta wisatawan internasional mengunjungi ASEAN pada 2013. Dari mereka, 2,04 juta mengunjungi Myanmar selama tahun tersebut, tumbuh 93 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut data, jumlah kunjungan wisatawan di Myanmar mencapai tiga juta pada 2014.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015