Istanbul (ANTARA News) - Turki menangkap sebanyak 12.872 migran yang berusaha menyeberang ke dalam wilayah Yunani dari Turki melalui Laut Aegea pada 2014, kata satu laporan Anatolia, Kamis (1/1).

Laporan tersebut menyatakan para pendatang gelap itu ditangkap oleh tim Komando Penjaga Pantai Turki dalam 524 peristiwa terpisah pada 2014 dan 74 orang juga ditangkap dengan tuduhan menyelundupan migran.

Kebanyakan pendatang tersebut adalah warga negara Suriah, dan yang lain berasal dari Afghanistan dan Myanmar, kata Anatolia, sebagaimana diberitakan Xinhua.

Jumlah migran yang berusaha mencapai Eropa dengan menempuh resiko melalui jalur laut yang bergelombang lewat pantai Turki Selatan dan Barat telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun belakangan, terutama sejak meletusnya perang saudara di Suriah.

Puluhan ribu migran juga telah berusaha menyeberang ke dalam wilayah perbatasan Yunani dan Bulgaria melalui darat.

Badan Pengungsi PBB melaporkan pada November bahwa lebih dari 2.500 orang telah tewas tenggelam atau hilang pada 2014, saat mereka berusaha menyeberangi Laut Tengah.

Dalam satu tragedi belum lama ini, sebanyak 24 migran tewas setelah perahu yang membawa pengungsi terbalik di lepas Pantai Utara Istanbul pada dini hari 3 November.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015