Johannesburg (ANTARA News) - Para kepala negara Afrika akan bertemu akhir bulan ini untuk memutuskan bagaimana melucuti pemberontak Hutu Rwanda yang melanda timur bermasalah dari Republik Demokratik Kongo yang telah menolak ultimatum untuk menyerah.

Kurang dari seperempat pejuang Pasukan Demokratik untuk Pembebasan Rwanda (FDLR) menyerahkan diri sebelum batas waktu 2 Januari yang ditetapkan oleh pimpinan wilayah.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan ketua Masyarakat Pembangunan Afrika Selatan (SADC), tangan pertahanan mengatakan hanya 337 pemberontak yang menyerah.

"FDLR tidak memenuhi secara penuh dengan syarat-syarat yang dikenakan," katanya seperti dilansir AFP.

Para kepala negara dari kawasan ini akan bertemu di Angola pada 15-16 Januari untuk memutuskan bagaimana merespon, dengan Zuma mengatakan SADC "siap untuk bermain secara penuh dalam hal ini".

Pada Oktober 2013, tentara Kongo dan pasukan tentara PBB dari Afrika Selatan, Tanzania dan Malawi - berwenang untuk menetralisir kelompok bersenjata - memaksa penyerahan M23, kelompok pemberontak lain di daerah itu.

"Untuk sementara, SADC meluncurkan imbauan sungguh-sungguh dan mendesak kepada kepemimpinan FDLR dan para pejuang yang tersisa untuk segera dan tanpa syarat menampilkan diri untuk pelucutan senjata," kata Zuma dalam satu pernyataan.

Sebagai batas waktu berakhir pada Jumat, kepala misi PBB di DRC Martin Kobler mengimbau kepada pemberontak untuk merebut kesempatan untuk perdamaian.

"Untuk semua FDLR, Anda dapat membantu menstabilkan daerah Anda dengan menghubungi MONUSCO atau Pemerintah Kongo dan kembali ke kehidupan damai di Rwanda," tulisnya pada Twitter, mengacu pada misi penjaga perdamaian MONUSCO PBB.

FDLR diperkirakan termasuk di antara 1.500 dan 2.000 pejuang etnis Hutu, beberapa di antaranya yang dituduh telah berpartisipasi dalam genosida 1994 Rwanda.

Menentang pemerintah Tutsi Presiden Rwanda Paul Kagame, mereka telah beberapa tahun telah berpangkalan di seberang perbatasan di bagian timur DRC, di mana mereka telah dituduh melakukan serangan brutal terhadap warga sipil, termasuk pemerkosaan dan pembunuhan, serta penyelundupan emas dan arang.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015