Nebraska (ANTARA News) - Seorang pekerja kesehatan Amerika yang kemungkinan terpapar virus Ebola di Sierra Leone tiba di sebuah rumah sakit di Omaha, Minggu, untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan yang diperlukan, kata seorang pejabat.

Pasien itu dibawa dengan ambulans dari bandara Omaha ke Universitas Kedokteran Nebraska, tempat tiga pasien lainnya dirawat tahun lalu, kata Taylor Wilson, juru bicara rumah sakit itu.

Wilson tidak mengungkapkan usia atau jenis kelamin pasien, yang katanya diterbangkan langsung dari Sierre Leone ke Omaha dengan menggunakan ambulans udara.

Pasien tidak terbukti positif untuk Ebola, tetapi akan dirawat di unit "biocontainment" rumah sakit itu menggunakan tindakan yang sama dengan yang diberikan kepada pasien dengan Ebola, kata Wilson.

Dua dari pasien dirawat dengan sukses dan yang ketiga, yang sakit parah pada saat kedatangan, akhirnya meninggal dunia.

"Akan ada 21 hari pemantauan dan jika penyakit ini berkembang, jelas pengobatan akan dimulai cukup cepat," kata Wilson, seperti dilaporkan Reuters.

Ebola adalah wabah terbaru dan pertama kali diidentifikasi di daerah terpencil di tenggara Guinea pada awal 2014. Penyakit itu kini telah menyerang enam negara Afrika Barat, dengan Guinea, Sierra Leone dan Liberia sebagai kawasan terdampak terparah dengan 20 ribu infeksi dan hampir 8.000 korban tewas.

(Uu.G003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015