Saat akan menyerahterimakan barang, saat itu juga petugas BNN mengamankan para tersangka
Jakarta (ANTARA News) - Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan penggerebekan dan menyita sabu seberat 840 kilogram di kawasan Lotte Mart Taman Surya, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (5/1).

Deputi Pemberantasan BNN Brigjen Pol Dedi Fauzi, di Jakarta, Selasa, mengatakan penggerebekan itu adalah yang terbesar yang pernah dilakukan oleh BNN bahkan juga penangkapan terbesar se-Asia.

Dedi mengatakan penangkapan berawal dari barang asal Tiongkok yang dikirim melalui jalur laut. Transaksi barang terjadi di tengah laut, dengan dijemput kapal kecil.

Dengan kapal kecil tersebut, barang diberangkatkan menuju Pelabuhan Dadap, Tangerang pada Senin (5/1) pagi.

Dari Dadap kemudian barang tersebut dimasukkan ke dalam mobil box. Lalu barang tersebut dibawa ke Lotte Mart Taman Surya untuk melakukan transaksi dengan cara pertukaran mobil.

"Saat akan menyerahterimakan barang, saat itu juga petugas BNN mengamankan para tersangka," katanya.

BNN berhasil membekuk sembilan orang buronan narkoba kelas kakap yang menjadi buron di tujuh negara. Dalam penggerebekan itu, BNN menyita 42 karung berisi sabu. Masing-masing karung berisi 20 kemasan kopi dengan berat 1 kilogram per kemasan kopi. Dengan demikian, pihaknya menyita 840 kilogram sabu (bukan 800 kilogram sabu seperti diberitakan pada Senin).

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015