Manokwari (ANTARA News)- Sebanyak tujuh dari sebelas Kabupaten di Provinsi Papua Barat ternyata rawan bencana alam gempa bumi, banjir bandang dan Tsunami.

Ketujuh daerah Papua Barat yang rawan bencana alam itu, menurut Indeks resiko bencana nasional, yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat,  kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Papua Barat Derek Ampnir di Manokwari, Rabu.

Pada 2014, tiga dari tujuh daerah tersebut mengalami bencana alam yakni Kabupaten Maybrat, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Teluk Wondama.

"Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter merusak 113 rumah warga Kabupaten Maybrat, banjir melanda Kabupaten Manokwari dan dan Kabupaten Teluk Wondama yang merusak sarana umum dan rumah warga," katanya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan bencana di tujuh daerah rawan itu pada 2015, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua Barat memfasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah tingkat Kabupaten terkait dengan menggelar upaya tanggap siaga dan tanggap darurat penanganan bencana.

"Tahun ini kami memfasilitasi BPBD tingkat Kabupaten di Papua Barat terutama tujuh Kabupaten yang rawan bencana guna melakukan berbagai kegiatan simulasi penanggulangan bencana di masing-masing Kabupaten," ujarnya.

Selain simulasi, lanjut dia, koordinasi antara BPBD tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten serta instansi terkait lebih ditingkatkan agar dapat berperan menangani korban bencana.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015