Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama akan mencalonkan Allan Landon, seorang community banker dari Hawaii, untuk bergabung dengan dewan gubernur Federal Reserve, Gedung Putih mengumumkan pada Selasa.

Landon, 66 tahun, menjabat sebagai ketua dan kepala eksekutif Bank of Hawaii Corporation dari 2004 hingga 2010, dan pada posisi lain di bank tersebut pada empat tahun sebelumnya.

Dia juga direktur keuangan (chief financial officer) di First American Corp. dan anak perusahaannya, First American National Bank, pada 1998-2000.

"Allan Landon memiliki pengalaman teruji, penilaian dan pengetahuan yang mendalam tentang sistem keuangan untuk mengabdi di Federal Reserve selama waktu yang penting ini untuk perekonomian kita," kata Obama dalam sebuah pernyataan.

"Dia membawa dekade kepemimpinan dan keahlian dari berbagai peran, terutama sebagai bankir komunitas. Saya yakin bahwa dia akan mengabdi pada negara kita dengan baik."

Landon, yang pencalonannya diperkirakan lolos dengan mudah di Senat AS, akan mengisi salah satu dari dua lowongan dari tujuh anggota dewan Fed, yang dipimpin oleh ketua Janet Yellen.

Usulan pencalonan Landon disambut oleh para bankir.

Latar belakang dan pengalaman Allan Landon akan membantu memastikan Federal Reserve memiliki perspektif penuh pada kedua isu regulasi perbankan dan kebijakan ekonomi lebih luas.

"Bank-bank komunitas (community banks) membantu memacu pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di kota-kota besar dan kota-kota kecil di seluruh negara kami," kata Frank Keating, presiden Asosiasi Bankir Amerika.

Bank komunitas beroperasi di suatu daerah yang menyasar komunitas masyarakat lokal tertentu sehingga model bisnis bank ini mampu menjangkau masyarakat bawah, demikian seperti dikutip dari AFP.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015