Serangan #CharlieHebdo telah menyerang jurnalisme di tempat yang tepat.. di mana terdapat nilai-nilai tak kenal takut, konstan, dan produktif!
Jakarta (ANTARA News) - Peristiwa berdarah yang menewaskan 12 orang dalam aksi bersenjata yang terjadi di kantor pusat majalah satir "Charlie Hebdo" di Paris, Perancis, Rabu, menjadi trending topic dunia di jagat Twitter.

Dari pantauan ANTARA News, Rabu, pukul 21.20 WIB, topik dengan kode #CharlieHebdo menempati posisi puncak trending topic Twitter worldwide, dengan 667.600 kicauan.

Kicauan yang paling banyak diserukan adalah ungkapan simpati. Inilah sejumlah reaksi netizen terhadap aksi terorisme tersebut.

Seperti kicauan ‏@thierrycassuto yang bersimpati terhadap  korban aksi penyerangan tersebut, "Turut berduka untuk semua korban #CharlieHebdo. Sekarang begitu sulit untuk menerima bahwa beberapa kartunis terbaik Perancis telah ditembak mati," tulis Cassuto.

Ada pula @rschu yang juga merasa prihatin atas peristiwa tersebut, "Hari yang menyedihkan untuk kebebasan seni dan berbicara. Doa saya bersama para korban dan keluarga mereka. : '(#CharlieHebdo," kicaunya. (Baca : Apa kicauan "Charlie Hebdo" sebelum diserang? )

Hal senada juga disampaikan oleh @StephenEHolt yang menurutnya tindakan tersebut merupakan penjegalan terhadap kebebasan berekspresi, "Ini menyedihkan, dunia tragis ketika satir tidak lagi dilihat sebagai hal yang dapat diterima. #CharlieHebdo," cuitnya.

Selain itu, melalui akun twitternya @DILIPtheCHERIAN, Dilip Cherian berpendapat bahwa hal tersebut justru membangkitkan nilai jurnalisme, "Serangan #CharlieHebdo telah menyerang jurnalisme di tempat yang tepat.. di mana terdapat nilai-nilai tak kenal takut, konstan, dan produktif! Berdiri sekarang untuk dihitung," tulisnya.  (Baca : Serangan atas Charlie Hebdo tak sejalan dengan Islam )

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015