Zurich (ANTARA News) - Cadangan devisa bank sentral Swiss meningkat secara dramatis pada bulan lalu, karena pihaknya bergerak untuk menjaga pemanasan franc dari menjadi terlalu kuat, data yang dirilis Rabu menunjukkan.

Nilai cadangan devisa Swiss National Bank (SNB) melonjak pada Desember sebesar 33 miliar franc Swiss (32,6 miliar dolar AS, 27,5 miliar euro), membawa total cadangan devisa ke rekor 495,1 miliar franc, lapor AFP.

Bank telah berjuang untuk menekan nilai tukar franc, yang telah menguat, karena krisis rubel Rusia mengirimkan investor bergegas ke mata uang "safe haven".

Prospek langkah-langkah stimulus lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa (ECB) juga telah menempatkan tekanan tambahan pada franc.

SNB telah berjanji untuk membeli "jumlah yang tidak terbatas" mata uang asing untuk melindungi nilai tukar dari 1,20 franc terhadap euro yang diperkenalkan pada September 2011, karena penguatan franc menciptakan "sakit kepala" bagi para pengekspor.

Juga dalam upaya untuk melindungi nilai tukar, bank pada 18 Desember mengumumkan pihaknya akan memperkenalkan suku bunga negatif untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Selain pembelian lebih banyak mata uang asing oleh SNB, penguatan dolar juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan nilai cadangan bank.

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015